PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI SENI HADROH (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN)

Authors

  • Aisah Azizah IAI An Nur Lampung
  • Andi Warisno IAI An Nur Lampung
  • Tamyis IAI An Nur Lampung
  • Sarpendi IAI An Nur Lampung

Keywords:

Nilai Pendidikan Islam, Seni Hadroh, Pesantren

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk peribadi muslim seutuhnya, mengembangkan seluruh potensi manusia, baik yang berbentuk jasmaniyah maupun rohaniyah. Kesenian hadrah tentu ada kaitannya dengan pendidikan agama Islam karena hadrah adalah seni Islam yang di dalamnya ada nilai agama yang mempengaruhi kespiritual hadrah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai pendidikan Islam yang diterapkan melalui seni hadrah di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, penyediaan data, dan total gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa (1) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Seni Hadroh di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung,menggunakan strategi memprioritaskan Rasulullah sebagai utusan Allah SWT, melantunkan sholawat dan syair religi/ Islami, Obrolan ringan mengambil tema sikap mulia Rasulullah SAW seperti kisah perjuangan Nabi Ketika berdakwah, dan mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah SAW, (2) Dampak Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Seni Hadroh di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung,memilih lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren tanpa paksaan, menyukai sholawat Nabi dan syair bernuansa religi dan Islami, Mengurangi kebiasaaan berkata kasar dan kotor, dan dapat meneladani sikap mulia Rasulullah, (3)   beberapa kendala yang dihadapi adalah Kegiatan yang berlangsung sampai larut malam sehingga membuat para santri bangun lebih lambat dari biasanya atau kesiangan ketika hendak melakukan kegiatan wajib shalat berjamaah shubuh sehingga banyak yang terlambat alias masbuk bahkan ada yang tidak shalat shubuh.Sehingga para santri banyak yang di takzir atau dihukum

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Azizah, A. ., Warisno, A. ., Tamyis, & Sarpendi. (2022). PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI SENI HADROH (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN). UNISAN JURNAL, 1(4), 42–49. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/653

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.