IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA HIDAYATUL MUBTADIIN DESA SIDOHARJO KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Implementasi Teori Belajar Behavioristik, Pembelajaran, Aqidah AkhlakAbstract
Teori belajar Behavioristik merupakan suatu teori belajar yang menerapkan prinsip penguatan stimulus dan respon. Teori ini berpandangan bahwa seseorang dianggap telah belajar apabila ia mampu menunjukkan perubahan tingkah laku. Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara terpimpin, observasi non-participant dan dokumentasi. Sumber data ialah Kepala Madrasah, Guru Aqidah Akhlak, dan Siswa. Teknik analisis data ialah cheking (pengecekan), organizing (pengelompokan), dan coding (pemberian kode). Sementara pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: Implementasi teori belajar Behavioristik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak ialah Guru memberikan stimulus (memberi keteladanan, mengucap salam ketika masuk dan keluar kelas, berdoa sebelum memulai pelajaran, memotivasi siswa, memberikan pertanyaan pada siswa di akhir jam pelajaran, serta memberikan penguatan.