PERAN SUPERVISI PENGAWAS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI MA HIDAYATUL MUBTADIIN JATI AGUNG

Authors

  • Noviana Ellita Putri IAI An Nur Lampung
  • Andi Warisno IAI An Nur Lampung
  • Mujiyatun IAI An Nur Lampung
  • Suci Hartati IAI An Nur Lampung

Keywords:

Supervisi, Pengawas Madrasah, Mutu Sumber Daya Manusia

Abstract

Peran supervisi Pengawas Madrasah sangat mendukung, karena tanpa adanya Pengawas yang ahli profesional maka tidak mungkin juga sebuah Madrasah akan  berjalan  baik  dan  bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran supervisi Pengawas dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa penerapan peran supervise pengawas dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia sudah terlaksana dengan baik yaitu melakukan penilaian dan binaan kinerja Kepala Madrasah pertahun, melakukan penilaian kinerja guru yang diawasi langsung oleh kepala Madrasah. peran supervisi  pengawas madrasah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia  ialah menjaga  dan  membimbing  guru  baik melalui  supervisi  akademik  ataupun  supervisi  manajerial  yang   paling   utama dalam meningkatkatkan profesionalisme guru yaitu dengan cara pembinaan dan pengembangan sumber daya guru itu sendiri  dan meningkatkan  pembelajaran  di  kelas  yang  bermutu. Faktor pendukung supervisi  Pengawas adanya kepatuhan para guru dan kepala Madrasahnya, seperti selalu aktif membuat perangkat pembelajaran dan Madrasahnya mempunyai program  kerja yang ada kegiatan supervisinya. Faktor penghambat supervisi  Pengawas Banyaknya kegiatan yang menumpuk karena dalam membuat program kerja suatu Madrasah Aliyah terlalu banyak kegiatan, sehingga ketika waktunya Pengawas melakukan supervisi masih banyak yang sibuk mengurusi kegiatan.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Ellita Putri, N., Warisno, A., Mujiyatun, & Hartati, S. (2022). PERAN SUPERVISI PENGAWAS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI MA HIDAYATUL MUBTADIIN JATI AGUNG . UNISAN JURNAL, 1(4), 83–90. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/657

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.