IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL QODIRI TIUH TOHOU KECAMATAN MENGGALA KABUPATEN TULANG BAWANG
Keywords:
Implementasi, orientasi konseling, perkembangan moralAbstract
Pengenalan Pedoman Bimbingan Pendidikan Moral Siswa merupakan suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk mengubah akhlak dan perilaku siswa agar berperilaku baik dan berakhlak mulia. Implementasi Pedoman Pembinaan Moral Siswa SMP Nurul Kodiri Thiu Tohou Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang. Bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang saling bergantung satu sama lain yang tidak dapat dilakukan secara terpisah. Sebagai kata majemuk, kata “bimbingan” selalu dikaitkan dengan “konseling”. Konseling merupakan salah satu teknik bimbingan dan sering dianggap sebagai inti dari semua layanan bimbingan. Metode pengumpulan data menggunakan pendekatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan telah selesai dalam analisis yang sedang dilakukan. Pada analisis oleh pemikiran yang diinduksi. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil penelitian tentang pelaksanaan pedoman bimbingan pembinaan akhlak siswa di SMP Nurul Qodiri Tiuh Tohou Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang menunjukkan tingkat perubahan yang signifikan dan positif, dengan siswa secara konsisten mematuhi pedoman untuk pengembangan moral yang menggunakan metode pemahaman, konseling, motivasi, dorongan, dan pembiasaan. Sehingga secara bertahap dapat memperbaiki sifat dan kebiasaan siswa.