FUNGSI MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI RA LATHIFAH SUKATANI KECAMATAN KALIANDA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
Keywords:
fungsi menejemen, kinerja guruAbstract
Madrasah berfungsi sebagai pengelola Madrasah secara maksimal selain sebagai pendidik, mengelola Madrasah untuk memastikan seluruh potensi yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Fungsi POAC digunakan oleh Lathifah Sukatani, Ketua RA. Namun efektivitas guru belum sepenuhnya terwujud dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana fungsi manajemen madrasah mempengaruhi kinerja guru RA Lathifah Sukatani, serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kinerja tersebut. Dalam rangka meningkatkan kinerja guru di RA Lathifah Sukatani Kecamatan Kalianda Kabupaten Sur Lampung, tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis fungsi manajemen kepala sekolah serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dan deskriptif yaitu menggambarkan peran Kepala Madrasah dalam mengelola guru di RA Lathifah Sukatani Kecamatan Kalianda Lampung Selatan untuk meningkatkan kinerjanya. Dalam penelitian ini, observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data. Metode analisis data digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala panti telah berhasil menyelesaikan semua tahapan fungsi manajemen, mulai dari perencanaan hingga pengawasan, namun dalam pelaksanaannya terkadang mengalami kesulitan. Hal ini disebabkan oleh guru yang kurang profesional, sarana prasarana yang kurang, meskipun masih ada guru yang tidak memahami RPP dan termotivasi untuk membuat RPP, serta kurangnya kesadaran guru akan kedisiplinan dalam mengajar.