IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGEMBANGKAN MINAT SIKAP DAN PERILAKU POSITIF SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHLA’ULANWAR LANDBAW KEC.GISTING KAB.TANGGAMUS
Abstract
Tujuan pendidikan karakter adalah untuk mengajarkan anak-anak bagaimana membuat pernyataan yang anggun dan menggunakan keterampilan itu dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka dapat memberikan kontribusi positif kepada kelompok.Kata Kunci:Pengawasankepalasekolah, kinerja guru PAI. Ada nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan kepada anak-anak, seperti universalitas Islam sebagai agama, kebiasaan yang baik dan moralitas. Nilai-nilai tersebut kemudian dituangkan dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler untuk para pelajar muda di sekolah Anda.Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Mathla'ul Anwar Landbaw Kec. GistingKab.Tanggamusdan berbicara tentang penerapan topik pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pendidikan karakter dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodologi deskriptif. Oleh karena itu, penyelidikan ini merupakan penyelidikan kualitatif deskriptif. Data untuk investigasi dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan bahan tertulis. Untuk data yang menonjol, diterapkan sistem kategorisasi, dan metode triangulasi digunakan untuk memvalidasi data. Data diperiksa baik selama dan setelah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Tsanawiyah Mathla'ul Anwar Landbaw telah menerapkan pendidikan karakter. Menurut Kec. Gisting Kab.Tanggamus, ada kompetensi utama yang dimiliki setiap guru. RPP mengatur kompetensi tersebut serta implementasi kurikulum dan evaluasinya.