PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIASAKAN SISWA SHALAT BERJAMA’AH

Authors

  • YASILAH

Abstract

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif analitik, yakni suatu jenis penelitian yang sifatnya mengungkap dan menggambarkan fakta-fakta atau yang di peroleh secara mendalam dan apa adanya. lokasi dan objek penelitian bertempat di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Adapun jumlah populasi 366 orang siswa dan sampel 100 orang.

Adapun Peran guru pendidikan agama Islam dalam membiasakan siswa Shalat berjamaah yaitu Peranan Guru Agama Islam Melalui Keteladanan Hasil angket menunjukkan bahwa 65 (65%) berpendapat bahwa guru sangat berperan dalam memberikan keteladanan, 26 (26%) menunjukkan berperan, 9 (9%) menunjukkan kurang berperan dan 0 (0%), Peran Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Pembiasaan, hasil angketnya 59 (59%) mengatakan sangat berperan, 33 (33%) mengatakan berperan, 8 (8%) orang mengatakan kurang berperan dan 0(0%) yang mengatakan tidak berperan Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Melalui pemberian Nasehat hasil angket tersebut diatas menunjukkan bahwa upaya guru memberikan nasehat ketika lalai dalam melaksanakan shalat berjamaah siswa, sangat sering 58 (58%), sering 23 (23%) kadang-kadang 19 (19%) dan tidak pernah 0 (0%) dan Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam metode Perhatian/ Pengawasan. hasilnya menunjukkan 64 (64%) sangat sering, 22 (22%) sering, kadang-kadang 14 (14%) kadang-kadang dan 0 (0%) tidak pernah.

 

Kata Kunci : Guru pendidikan agama islam, Siswa, Shalat berjamaah.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

YASILAH. (2023). PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIASAKAN SISWA SHALAT BERJAMA’AH. UNISAN JURNAL, 2(3), 766–775. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/887

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.