PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT SISWA SMP IT ULIL ALBAB PALEMBANG

Authors

  • arifin nurfauzi Universitas Islam An Nur Lampung
  • yuli habibatul imamah universitas islam an nur lampung
  • ali mashar

Keywords:

ekstrakulikuler keagamaan, pengembangan minat dan bakat

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan ini merupakan salah satu cara dilaksanakannya proses pendidikan dan pembelajaran. Hal ini menuntut siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan baik selama jam sekolah maupun setelahnya dalam rangka mengembangkan minat dan bakatnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai peran kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan minat dan bakat siswa di SMP IT Ulil Albab Palembang. Selain itu juga dikaji faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kegiatan tersebut serta pentingnya pendidikan Islam dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan wawancara baik terstruktur maupun tidak terstruktur dengan para ahli (pengajar kegiatan ekstrakurikuler), didukung dengan data dokumentasi dan observasi langsung. Adapun capaian yang telah dicapai dengan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pengembangan minat dan bakat siswa di SMP IT Ulil Albab Palembang dapat dilihat dengan mengetahui prinsip-prinsip pendidikan agama Islam yang diajarkan dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut: 1. Nilai-nilai akhlak 2. Aqidah (iman ) (dapat dipercaya, iffa, berani, sabar, rendah hati.) 3. Nilai ibadah.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

arifin nurfauzi, yuli habibatul imamah, & ali mashar. (2023). PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT SISWA SMP IT ULIL ALBAB PALEMBANG . UNISAN JURNAL, 2(4), 229–236. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/875

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.