PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP ISLAM AL BAROKAH
Keywords:
Peran Guru PAI , Karakter Peserta DidikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Peran guru PAI dalam membina karakter peserta didik di kelas VIII SMP Islam Al Barokah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data yang dilakukan berdasarkan fokus penelitian yang diambil. Uji absah data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi dan melakukan membercheck. Uji absah data dilakukan untuk membuktikan bahwa data yang diterima merupakan data yang sebenarnya terdapat pada tempat penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembinaan karakter peserta didik di kelas VIII SMP Islam Al Barokah, guru PAI sangat terbantu oleh SOP yang dibuat oleh sekolah, diantaranya: pertama, yaitu sembilan aspek kurikulum unggulan sekolah di kelas VIII SMP Islam Al Barokah yang diterapkan dalam mata pelajaran, Code of Conduc di kelas VIII SMP Islam Al Barokah yang merupakan kode atau ciri yang berisikan kepribadian yang harus dimiliki peserta didik sekolah di kelas VIII SMP Islam Al Barokah, ketiga EA (Excel Apreciation), yaitu poin yang diberikan kepada peserta didik dan merupakan konsekuensi dari perbuatan peserta didik yang melanggar aturan sekolah dengan cara dipotong poin setiap kali melanggar. Dari beberapa hal di atas maka guru PAI akan sangat mudah untuk membina karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang berkarakter dan mencapai tujuan dan hasil yang diharapkan.