PERAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs AL MUHSIN METRO

Authors

  • habibul awal
  • agus sujarwo
  • endang ekowati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Pendidikan Aqidah Akhlaq dalam membentuk karakter Peserta didik di MTs Al Muhsin Metro Tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengarah pada proses evaluative terhadap obyek penelitian Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka penulis mengunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang digunakan mencatat hal pokok, sementara data sekunder untuk mencatat data penunjang. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan langkah-langkah reduksi data, display, verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adapun pengimplementasian pembentukan karakter peserta didik MTs Al Muhsin Metro, guru Aqidah Akhlaq sangat terbantu oleh SOP yang dibuat oleh sekolah, diantaranya: pertama, yaitu sembilan aspek kurikulum unggulan sekolah MTs Al Muhsin Metro yang diterapkan dalam mata pelajaran, kedua Code of Conduc MTs Al Muhsin Metro yang merupakan kode atau ciri yang berisikan kepribadian yang harus dimiliki peserta didik sekolah MTs Al Muhsin Metro , ketiga EA (Excel Apreciation), yaitu poin yang diberikan kepada peserta didik dan merupakan konsekuensi dari perbuatan peserta didik yang melanggar aturan sekolah dengan cara dipotong poin setiap kali melanggar. Dari beberapa hal di atas maka guru Aqidah Akhlaqakan sangat mudah untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi pribadi yang berkarakter dan mencapai tujuan dan hasil yang diharapkan.

 

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

awal, habibul, sujarwo, agus ., & ekowati, endang. (2023). PERAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs AL MUHSIN METRO. UNISAN JURNAL, 2(4), 929–937. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/766

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.