IMPLEMENTASI PERENCANAAN STRATEGIS UPAYA MENINGKATKAN TENAGA PENDIDIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Authors

  • lulu'ul jannah
  • damrah khair
  • dewi yanti

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi perancanaan strategis Upaya meningkatkan Tenaga pendidik dalam peoses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Kemudian dilakukan pengujian keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan teknik penelitian. Hasil penelitian ini yaitu implementasi perencanaan strategis di SDIT Unsri Lubuk Seberuk  sudah bagus meliputi Implementasi perencanaan strategis di SDIT Unsri Lubuk Seberuk  Pada  perencanaan renstra, kepala sekolah  melakukan beberapa langkah yaitu perencanaan renstra, pelaksanaan resntra, dan evaluasi renstra. Kepala sekolah melakukan beberapa langkah perencanaan yaitu membentuk tim khusus sebagai pemrakarsa pembuatan renstra dari berbagai sumber daya yang mumpuni, membagi kelompok dengan tugas masing-masing; mengidentifikasi dan mengkaji berbagai peraturan perundang-undangan dan kebijakan  sekolah  tentang peningkatan tenaga pendidik; menciptakan visi, misi, dan nilai-nilai sekolah; menganalisis SWOT dengan mengidentifikasi kelebihan, kelemahan, kekuatan, dan ancaman yang terdapat di SDIT Unsri Lubuk Seberuk sesuai dengan kondisi sesungguhnya yang ada di sekolah. Pelaksanaan renstra di SDIT Unsri Lubuk Seberuk  meliputi beberapa tindakan seperti persiapan pelaksanaan kegiatan dengan mengadakan rapat untuk menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan dan sasaran utama kegiatan serta penanggung jawab kegiatan dan anggotanya. Dalam pemilihan sasaran seperti pelatihan, kepala madrasah melakukannya secara acak. Selama pelaksanaan, kepala madrasah memastikan komunikasi anggota dengan baik. Selain itu kepala sekolah bersama yayasan juga mengontrol pelaksanaan kegiatan.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

jannah, lulu’ul, khair, damrah, & yanti, dewi. (2023). IMPLEMENTASI PERENCANAAN STRATEGIS UPAYA MENINGKATKAN TENAGA PENDIDIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. UNISAN JURNAL, 2(4), 848–857. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/763

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.