STUDI TENTANG PEMBINAAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

Authors

  • m.rikza saputro
  • imam syafei
  • endang ekowati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan pembina ekstrakurikuler dalam pembinaan akhlak peserta didik di MA Askhabul Kahfi. Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini meliputi berbagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler PAI yang dilaksanakan di MA Askhabul Kahfi, upaya yang dilakukan oleh pembina kegiatan ekstrakurikuler PAI dalam membina akhlak mulia peserta didik di MA Askhabul Kahfi dan faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler PAI di MA Askhabul Kahfi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan sata dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data yang diperoleh yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, pembina kegiatan ekstrakurikuler        PAI, Kepala Tata Usaha dan peserta didik. Data yang dikumpulkan kemudian diolah melalui tiga tahap yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor pendukung yang meliputi kurikulum PAI, Tenaga Pembina dan warga Sekolah, dan Peran Serta Orang Tua. Faktor penghambat yang meliputi faktor internal berupa masih ada hubungan yang kurang harmonis antar pembina dan adanya pembina yang kurang memiliki sense of belonging terhadap ROHIS. Adapun faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan arus globalisasi modern.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

saputro, m.rikza, syafei, imam, & ekowati, endang. (2023). STUDI TENTANG PEMBINAAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER. UNISAN JURNAL, 2(4), 858–867. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/762

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.