PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI

Authors

  • mastita mastita
  • nurul hidayati murtafiah
  • sri fatmawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang digunakan mencatat hal pokok, sementara data sekunder untuk mencatat data penunjang. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan langkah-langkah reduksi data, display, verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI, maka dapat disimpulkan bahwa tiga peran yaitu guru sebagai pendidik, pembina dan pengawas yang telah dilakukan, membuktikan bahwa peranan guru sangat mempengaruhi meningkatnya minat siswa belajar PAI, di SMP IT Khazanah Kebajikan Palembang Tahun Ajaran 2022/2023. Sekolah ini menjalankan dua (2) kurikulum yaitu kurikulum umum dan kurikulum khusus (keIslaman / keagamaan) yang memiliki targetan hafalan minimal 3 juz ketika lulus, aktivitas kegiatan praktek ibadah harian seperti berwudhu, sholat dhuha,muroja’ah hafalan, sholat dzuhur berjama’ah, begitu juga dengan azan tapi siswa tetap memiliki minat belajar PAI dengan baik. Artinya dengan peran guru yang dijalankan dengan baik, maka dapat mempengaruhi minat siswa dalam belajar PAI walaupun muatan materinya perlunya penambahan waktu belajar PAI di SMP IT Khazanah Kebajikan Palembang.

 

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

mastita, mastita, murtafiah, nurul hidayati, & fatmawati, sri. (2023). PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI. UNISAN JURNAL, 2(4), 868–877. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/761

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.