PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Authors

  • muhammad qirom
  • taqwatul uliyah
  • riskun iqbal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi professional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD IT Permata Bunda III Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik yang menunjukkan bahwa pelaksanaan penelitian terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, menekankan pada deskripsi secara alami. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelelitian ini adalah reduksi data, display, verifikasi dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah di SD Islam Terpadu Permata Bunda III dalam mengembangkan kompetensi profesional guru sebagai peran sebagai educator melalui kegiatan supervise kepala sekolah bersama manajemenketika pra raker kepala sekolah bekerjasama dengan SD IT Permata Bunda I dan II.  peran sebagai manajer adanya pengelolaan sekolah yang baik. peran sebagai administrator ditunjukkan kepala sekolah dengan wawasan kepemimpinan Pendidikan. Peran sebagai supervisor dilakukan kepala sekolah melalui supervise dengan menggunakan pendekatan terpadu peran sebagai leader yakni berhasil mempengaruhi warga sekolah agar untuk sama-sama taat pada aturan dan berdisiplin . Peran sebagai innovator tergambar dari banyaknya inovasi yang dilakukan. Peran sebagai motivator senantiasa memberikan dorongan dan motivasi sehingga visi sekolah dapat tercapai. Peran sebagai entrepreneur dengan adanya kegiatan market day kepala sekolah telah berperan membangun jiwa wira usaha bagi warga sekolah. Peran sebagai climate creator dilakukan kepala sekolah melalui berbagai macam program sekolah.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

qirom, muhammad, uliyah, taqwatul, & iqbal, riskun. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN . UNISAN JURNAL, 2(4), 888–897. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/759

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.