HUBUNGAN ANTARA BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI KERJATERHADAP KINERJA GURU DI SMP IT KHAZANAH KEBAJIKAN KECAMATAN SAKO
Abstract
Tujuan dari peneiltian ini adalah untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Madrasah Studi tentang Kedisiplinan Guru di SMP IT Khazanah Kebajikan Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya kepala madrasah dan wakilnya, guru, dan siswa yang dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan induktif, dengan langkah-langkah: mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan kedisiplinan guru di SMP IT Khazanah Kebajikan Palembang cukup baik yang dibuktikan dari 1) sebagian besar guru patuh terhadap aturan madrasah, 2) sebagian besar guru rajin dalam mengajar, 3) sebagian besar guru tepat waktu dalam mengajar, 4) sebagian besar guru tidak pernah keluar kelas sebelum jam pelajaran berakhir. Kedisiplinan guru tersebut dikarenakan kepala S M P I T K h a z a n a h K e b a j i k a n P a l e m b a n g mampu melaksanakan perannya sebagai administrator, supervisor dan motivator yang baik, dengan temuan (1) sebagai administrator dalam (a) menjadikan dirinya sebagai teladan yang baik, (b) bersikap terbuka, dan (c) menciptakan iklim kerja yang kondusif. (2) sebagai supervisor (a) memberikan bimbingan kepada guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran, (b) melakukan pengawasan terhadap kinerja guru, (c) meningkatkan kerja sama dengan orangtua siswa, (d) melakukan evaluasi terhadap hasil kerja guru, dan (e) menindaklanjuti hasil evaluasi kinerja guru dengan secara kontinu. (3) sebagai motivator (a) memberikan otonomi pada guru untuk mengembangkan tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi pembelajarannya, (b) memberikan bimbingan dan bantuan dalam pengembangan kompetensi guru, (c) melibatkan guru dalam setiap kegiatan madrasah, (d) menerima dan memberikan dukungan bagi guru yang memiliki ide kreatif, dan (e) memberikan penghargaan dan sanksi yang tegas