MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI
Keywords:
Manajemen, Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran PAIAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di MTs Al Falah Sinar Gunung Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, karena dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan ata yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisa data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa MTs Al Falah Sinar Gunung Kabupaten Tanggamus dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI menggunakan sarana dan prasarana yang telah tersedia dan siap pakai misalnya perencanaan pengadaan barang, pengadaan barang, pemeliharaan, inventarisasi. Sementara untuk kendala proses sarana dan prasarana yaitu dalam pengadaan barang, pemeliharan petugas yang memelihara belum bekerja maksimal dan pembiayaan yang masih kurang, belum adanya tenaga administrasi, penghapuasan barang jarang dilakukan. Hal ini dikarenakan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang bagus oleh komponen-komponen sekolah. Dan hasilnya pun cukup memuaskan, baik siswa, guru maupun sekolah dapat merasakan hasilnya dengan manajemen tersebut.