MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • ruslan kamaludin
  • agus sujarwo
  • atik rusdiani

Keywords:

Manajemen, Sarana dan Prasarana, Kualitas Pembelajaran PAI

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di MTs  Al  Falah  Sinar  Gunung Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, karena dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang apa adanya di   lokasi penelitian. Teknik pengumpulan ata yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisa data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa MTs  Al  Falah  Sinar  Gunung Kabupaten Tanggamus dalam meningkatkan kualitas pembelajaran   PAI menggunakan sarana dan prasarana yang telah tersedia dan siap pakai misalnya perencanaan  pengadaan  barang, pengadaan barang, pemeliharaan, inventarisasi. Sementara untuk kendala proses sarana dan prasarana yaitu dalam pengadaan barang, pemeliharan petugas yang memelihara belum bekerja maksimal dan pembiayaan yang masih kurang, belum adanya tenaga administrasi, penghapuasan barang jarang dilakukan. Hal ini dikarenakan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang bagus oleh komponen-komponen sekolah. Dan hasilnya pun cukup memuaskan, baik siswa, guru maupun sekolah dapat merasakan hasilnya dengan manajemen tersebut.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

kamaludin, ruslan, sujarwo, agus, & rusdiani, atik. (2023). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI . UNISAN JURNAL, 2(4), 927–932. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/753

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.