MENGATASI TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DENGAN PRINSIP-PRINSIP DAN TAHAPAN PERENCANAAN YANG TEPAT

Authors

  • Aldyandra UIN Raden Fatah Palembang
  • Marlina UIN Raden Fatah Palembang
  • M. Sirozi UIN Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas prinsip-prinsip perencanaan yang efektif serta tahapan yang tepat untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan untuk mendalami topik pembelajaran berbasis digital. Data dan informasi yang diperoleh berasal dari sumber-sumber terpercaya, seperti buku, jurnal ilmiah, dan artikel yang relevan. Analisis mendalam dilakukan untuk memahami tantangan, prinsip-prinsip perencanaan, dan tahapan yang tepat dalam pembelajaran digital. Dari hasil penelitian, penekanan pada analisis kebutuhan komprehensif, perencanaan strategis, pengembangan konten dan kurikulum, implementasi yang melibatkan pelatihan dan dukungan, serta evaluasi berkala dan penyesuaian strategi menjadi poin utama dalam memperkuat pendekatan pembelajaran berbasis digital yang efektif. Kesimpulan dari penelitian ini menyoroti pentingnya memahami dan mengatasi tantangan dalam pembelajaran berbasis digital melalui prinsip-prinsip perencanaan yang tepat. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor kunci seperti kesenjangan akses, kesiapan digital, engagement siswa, keamanan data, dan manajemen waktu, lembaga pendidikan dapat merancang strategi yang lebih efektif dan inklusif untuk mendukung implementasi pembelajaran berbasis digital yang sukses. Evaluasi berkala, penyesuaian strategi, dan keterlibatan stakeholder menjadi elemen penting dalam memastikan kelangsungan dan peningkatan kualitas pembelajaran digital di masa depan.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Aldyandra, Marlina, & M. Sirozi. (2024). MENGATASI TANTANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DENGAN PRINSIP-PRINSIP DAN TAHAPAN PERENCANAAN YANG TEPAT. UNISAN JURNAL, 3(5), 71–82. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/3167

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.