PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEBAIKAN DI SMPIT FAJAR ILAHI 2 SUNGAI BEDUK BATAM
Keywords:
Value Clarification Technique dan Nilai-Nilai KebaikanAbstract
Strategi Pembelajaran Afektif melalui Model Value Clarification Technique (VCT) adalah teknik mengklarifikasi nilai VCT yang merupakan teknik pengajaran untuk membantu siswa dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi suatu persoalan melalui proses menganalisis nilai yang sudah ada dan tertanam dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (a) penerapan strategi pembelajaran afektif Value Clarification Technique (VCT) pada siswa kelas X di SMPIT Fajar Ilahi 2 Sungai Beduk Batam, (b) Perbedaan nilai-nilai kebaikan siswa kelas X di SMPIT Fajar Ilahi 2 Sungai Beduk Batam pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran afektif model Value Clarification Technique (VCT). Penerapan strategi pembelajaran afektif model Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan nilai-nilai kebaikan pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Fajar Ilahi 2 Sungai Beduk Batam sudah berjalan dengan baik dari setiap tahap pelaksanaan sehingga siswa mudah memahami materi yang disampaikan serta latihan dengan baik dari guru. Dan ternyata strategi pembelajaran afektif model Value Clarification Technique (VCT) telah berhasil dalam meningkatkan nilai-nilai kebaikan di SMPIT Fajar Ilahi 2 Sungai Beduk Batam setelah diterapkan strategi pembelajaran afektif model Value Clarification Technique (VCT) nilai-nilai kebaikan test siswa kelas eksperimen mereka secara signifikan meningkat atau lebih baik jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.