PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Authors

  • SITI KHOLIFAH

Keywords:

Pendekatan Kontektual, Prestasi Belajar, PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran PAI dengan pendekataan kontektual. Metode penelitian mengguna­kan penelitian kualitatif. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pendekatan kontekstual memiliki potensi besar untuk meningkatkan prestasi belajar di SD N 1 Mesuji. Dengan menerapkan pendekatan ini, terdapat beberapa hal yang dapat ditekankan: 1) Peningkatan Keterlibatan Siswa: 2) Pemahaman yang Lebih Mendalam; 3) Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis hal ini dapat membantu dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa karena mereka diajak untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengambil keputusan berdasarkan nilai-nilai agama Islam; 4) Peningkatan Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Sehari-hari. Dengan demikian, penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan kontekstual di SD N 1 Mesuji dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep-konsep agama Islam, dan mendorong penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

SITI KHOLIFAH. (2024). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR . UNISAN JURNAL, 3(7), 731–738. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2895

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.