PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN HIDDEN CURRICULUM TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Keywords:
Peran guru, Hidden CuriculumAbstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data dalam penelitian terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru mata pelajaran Agama, guru BK, siswa dan dokumentasi profil SMA Integral Hidayatullah Batam. Pengumpulan data dalam peneiltian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui prosedur reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Peran guru SMA Integral Hidayatullah Batam dalam pelaksanaan hidden curriculum secara umum sangat baik dimana guru dapat berperan sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisator, dan menjadi sumber. 2). Pelaksanaan hidden curriculum di SMA Integral Hidayatullah Batam dalam bidang ibadah, akhlak dan social telah berjalan dengan baik . 3) Tujuan pendidikan agama Islam bukan hanya bersifat duniawi saja melainkan hal-hal yang bersifat ukhrawi, untuk itu pencapaian tujuan pendidikan agama Islam ini harus menjadi tugas setiap pribadi muslim, terutama para pendidik.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru SMA Integral Hidayatullah Batam sangat berperan dalam pelaksanaan hidden curriculum terhadap pencapaian tujuan pendidikan agama Islam.