PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN HIDDEN CURRICULUM TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Julena Hayati Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Peran guru, Hidden Curiculum

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data dalam penelitian terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru mata pelajaran Agama, guru BK, siswa dan dokumentasi profil SMA Integral Hidayatullah Batam. Pengumpulan data dalam peneiltian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui prosedur reduksi data, penyajian data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Peran guru SMA Integral Hidayatullah Batam dalam pelaksanaan hidden curriculum secara umum sangat baik dimana guru dapat berperan sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisator, dan menjadi sumber. 2). Pelaksanaan hidden curriculum di SMA Integral Hidayatullah Batam dalam bidang ibadah, akhlak dan social telah berjalan dengan baik . 3) Tujuan pendidikan agama Islam bukan hanya bersifat duniawi saja melainkan hal-hal yang bersifat ukhrawi, untuk itu pencapaian tujuan pendidikan agama Islam ini harus menjadi tugas setiap pribadi muslim, terutama para pendidik.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru SMA Integral Hidayatullah Batam sangat berperan dalam pelaksanaan hidden curriculum terhadap pencapaian tujuan pendidikan agama Islam.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Julena Hayati. (2024). PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN HIDDEN CURRICULUM TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. UNISAN JURNAL, 3(7), 739–751. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2894

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.