Kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP

Authors

  • NITA ASTARINA

Keywords:

Peran Guru, Prilaku religius

Abstract

Peran guru  sangat mempengaruhi prilaku religius peserta didik SMP KUD Pesari Suni. Peran guru  tidak hanya pada proses belajar mengajar saja, karena aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik tergantung pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) peran guru  (b) Prilaku religius peserta didik dan, (c) manfaat prilaku religius peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan peneltian deskriptif kualitatif dari peran guru dalam pembinaan prilaku religius dengan mengumpulkan data memlui sumber data primer yaitu guru dan peserta didik sedangkan sumber skunder yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik pengumpulan data yaitu reduksi data dan penyajian data serta verivikasi di SMP KUD Pesari Suni. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) peran guru telah melakukan perannya dalam pembinaan prilaku religius peserta didik, sebagai pembimbing guru  memberikan motivasi kepada peserta didik untuk melakukan prilaku religius baik pada saat proses belajar mengajar, bersikap sopan dan santun dalam perkataan dan perbuatan. Dalam prilaku religius guru sebagai penasehat dan pelatih peserta didik untuk melakukan prilaku religius diantaranya adalah sholat dhuha, sholat berjama’ah baik di madrasah atau pun di rumah, bersedekah, berinfak menghafalkan do’a, berpuasa, berzakat, serta membaca al-qur’an dan melaksankan kegiatan ROHIS di Madrasah pada hari Jum’at.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

NITA ASTARINA. (2024). Kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP. UNISAN JURNAL, 3(7), 811–821. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2885

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.