Meningkatkan kualitas pendidikan Islam melalui optimalisasi supervisi kepala sekolah di SDN 1 Sriminosari

Authors

  • Nur Kholifah Universitas Islam An Nur Lampung

Abstract

Peran kepala sekolah sangat penting dalam mengawasi dan membimbing staf pengajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana supervisi kepala sekolah dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan penggunaan studi kasus untuk mewakili berbagai konteks pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi supervisi kepala sekolah memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kualitas pendidikan Islam di sekolah. Temuan utama menyoroti peran kunci kepala sekolah dalam memberikan bimbingan kepada staf pengajar untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam kurikulum dan praktek pembelajaran sehari-hari. Kolaborasi yang erat antara kepala sekolah dan staf pengajar serta partisipasi aktif komunitas sekolah juga berperan penting dalam meningkatkan efektivitas supervisi. hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi cara optimalisasi supervisi kepala sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan Islam.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Nur Kholifah. (2024). Meningkatkan kualitas pendidikan Islam melalui optimalisasi supervisi kepala sekolah di SDN 1 Sriminosari. UNISAN JURNAL, 3(7), 946–955. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2874

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.