HUBUNGAN ANTARA BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH RAUDHATUL ULUM
Keywords:
Budaya Kerja, Motivasi kerja, Kkinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana budaya kerja dan motivasi Kerja terhadap kinerja guru PAI di MA Raudhatul Ulum serta bagaimana usaha-usaha yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berjenis kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru PAI di MA Raudhatul Ulum dapat dilihat dari kemampuannya dalam melaksanakan tugas profesinya, yang meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dalam proses belajar mengajar guru PAI mengampu mata pelajaran yang sesuai dengan dasar pendidikan dan keilmuan yang dipelajarinya, sehingga guru mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses belajarmengajar dengan baik, walaupun masih ada beberapa guru yang mempunyai latar belakang pendidikan bukan dari bidang atau jurusan keguruan. Berkaitan dengan kinerja, guru PAI di MA Raudhatul Ulum dalam menjalankan tugasnya mempunyai komitmen dan kesetiaan yang tinggi serta didasarkan atas pengabdian, selain itu juga guru disiplin dan mampu bekerja sama dengan seluruh warga sekolah untuk melaksanakan program-program sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru.