MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH EFEKTIF DI SMPIT AS SALAM KOTA MALANG

Authors

  • Hermawan

Keywords:

Manajemen Pengembangan,  Profesionalitas Guru , Efektifitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana manajemen pengembangan profesionalitas dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah desain kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Guru di SMP IT As Salam berperan sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisator, dan sumber manusia dalam manajemen pengembangan profesionalitas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan demikian, hal ini menghasilkan manajemen pengembangan profesionalitas yang efektif di SMP IT As Salam. Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pengembangan profesionalitas guru di SMP IT As Salam dapat dibagi menjadi faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri guru itu sendiri, termasuk faktor fisiologis dan psikologis, seperti kurangnya profesionalisme. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri guru, seperti faktor keluarga dan sekolah yang juga mempengaruhi efektivitas pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Hermawan. (2024). MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH EFEKTIF DI SMPIT AS SALAM KOTA MALANG. UNISAN JURNAL, 3(4), 153–161. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2755

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.