MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH EFEKTIF DI SMPIT AS SALAM KOTA MALANG
Keywords:
Manajemen Pengembangan, Profesionalitas Guru , Efektifitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana manajemen pengembangan profesionalitas dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah desain kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Guru di SMP IT As Salam berperan sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisator, dan sumber manusia dalam manajemen pengembangan profesionalitas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan demikian, hal ini menghasilkan manajemen pengembangan profesionalitas yang efektif di SMP IT As Salam. Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pengembangan profesionalitas guru di SMP IT As Salam dapat dibagi menjadi faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri guru itu sendiri, termasuk faktor fisiologis dan psikologis, seperti kurangnya profesionalisme. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri guru, seperti faktor keluarga dan sekolah yang juga mempengaruhi efektivitas pembelajaran.