ANALISIS MANAJEMEN SEMBER DAYA MANUSIA PADA PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN DI MA DARUL ISHLAH BANJAR MARGO

Authors

  • FITRI EKA SARI SUB'I

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Tenaga Pendidik.

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis sumber daya manusia pada pendidik dan tenaga pendidikan di MA Darul Ishlah Banjar Margo. Manajemen sumber daya manusia (SDM) pada pendidik dan tenaga pendidikan memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan. SDM yang baik akan memastikan tersedianya tenaga pendidik yang berkualitas dan berkompeten untuk memberikan layanan pendidikan yang optimal. Proses rekrutmen dan seleksi yang baik akan membantu memastikan bahwa pendidik dan tenaga pendidikan yang dipekerjakan memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan. Ini termasuk mempertimbangkan keahlian akademik, keterampilan, dan komitmen terhadap profesi pendidikan. Pengelolaan sumber daya manusia juga mencakup pengembangan profesionalisme pendidik dan tenaga pendidikan melalui pelatihan, workshop, dan program pengembangan kompetensi lainnya. Hal ini diperlukan untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka sesuai dengan perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan. Manajemen SDM juga mencakup pengelolaan kinerja pendidik dan tenaga pendidikan melalui monitoring, evaluasi, dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Hal ini membantu mereka untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki kelemahan yang ada. Penghargaan, pengakuan, dan motivasi yang diberikan oleh manajemen dapat meningkatkan kepuasan dan kinerja pendidik dan tenaga pendidikan. Ini menciptakan lingkungan kerja yang positif dan memotivasi mereka untuk berkontribusi secara maksimal. Penyusunan kebijakan SDM yang baik oleh pihak manajemen juga diperlukan untuk memastikan bahwa hak, kewajiban, dan kepentingan pendidik dan tenaga pendidikan terlindungi dan terpenuhi. Dengan demikian, manajemen sumber daya manusia pada pendidik dan tenaga pendidikan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

FITRI EKA SARI SUB’I. (2024). ANALISIS MANAJEMEN SEMBER DAYA MANUSIA PADA PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN DI MA DARUL ISHLAH BANJAR MARGO . UNISAN JURNAL, 3(3), 919–927. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2750

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.