EVALUASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK
Keywords:
Penerapan Manajemen, Meningkatkan MutuAbstract
Rencana pengembangan Sekolah pada umumnya mencakup perumusan visi, misi, tujuan Sekolah dan strategi pelaksanaannya. Sedangkan rencana kerjata hunan Sekolah pada umumnya meliputi pengidentifikasian sasaran Sekolah (tujuan situasional Sekolah, pemilihan fungsi-fungsi Sekolah yang diperlukan untuk mencapai sasaran yang telah diidentifikasi, analisis SWOT, langkah-langkah pemecahan persoalan, dan penyusunan rencana dan program kerja tahunan kerja Sekolah . Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Menurut Sugiyono, penelitian evaluasi adalah penelitian yang bertujuan untuk membandingkan suatu kejadian, kegiatan dan produk dengan standard dan program yang telah ditetapkan, sehingga penelitian evaluasi berfungsi untuk menjelaskan fenomena. Berdasarkan hasil wawancara observasi, dan dokumentasi tentang implementasi manajemen berbasis Sekolah dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Ulak Paceh . Hasil dari penelitian menyatakan bahwa pada tahap perencanaan cukup baik. Secara umum implementasi manajemen berbasis Sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Ulak Paceh meliputi: Manajemen kurikulum dan program pengajaran, manajemen tenaga pendidikan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan, manajemen sarana dan prasarana dan manajemen hubungan Sekolah dengan masyarakat. Pada dasarnya implemetika manajemen berbasis Sekolah di berbagai bidang tersebut sudah berjalan dengan baik.Faktor-faktor pendukung implementasi manajemen berbasis Sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran aqidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Ulak Paceh antara lain: Kepala Sekolah yang berpengalaman, kualifikasi akademik guru sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, dan guru sudah memiliki kemampuan profesional.