EVALUASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK

Authors

  • ACEH

Keywords:

Penerapan Manajemen, Meningkatkan Mutu

Abstract

Rencana pengembangan Sekolah  pada umumnya mencakup perumusan visi, misi, tujuan Sekolah  dan strategi pelaksanaannya. Sedangkan rencana kerjata hunan Sekolah  pada umumnya meliputi pengidentifikasian sasaran Sekolah  (tujuan situasional Sekolah, pemilihan fungsi-fungsi Sekolah  yang diperlukan untuk mencapai sasaran yang telah diidentifikasi, analisis SWOT, langkah-langkah pemecahan persoalan, dan penyusunan rencana dan program kerja tahunan kerja Sekolah . Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Menurut Sugiyono, penelitian evaluasi adalah penelitian yang bertujuan untuk membandingkan suatu kejadian, kegiatan dan produk dengan standard dan program yang telah ditetapkan, sehingga penelitian evaluasi berfungsi untuk menjelaskan fenomena. Berdasarkan hasil wawancara observasi, dan dokumentasi tentang implementasi manajemen berbasis Sekolah  dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Ulak Paceh . Hasil dari penelitian menyatakan bahwa pada tahap perencanaan cukup baik. Secara umum implementasi manajemen berbasis Sekolah  dalam meningkatkan mutu pembelajaran  Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Ulak Paceh  meliputi: Manajemen kurikulum dan program pengajaran, manajemen tenaga pendidikan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan, manajemen sarana dan prasarana dan manajemen hubungan Sekolah  dengan masyarakat. Pada dasarnya implemetika manajemen berbasis Sekolah  di berbagai bidang tersebut sudah berjalan dengan baik.Faktor-faktor pendukung implementasi manajemen berbasis Sekolah  dalam meningkatkan mutu pembelajaran aqidah akhlak di SMP Muhammadiyah 2 Ulak Paceh antara lain: Kepala Sekolah  yang berpengalaman, kualifikasi akademik guru sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, dan guru sudah memiliki kemampuan profesional.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

ACEH. (2024). EVALUASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK. UNISAN JURNAL, 3(4), 738–752. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2745

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.