MUTU LAYANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SISWA DI KELAS XII DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN

Authors

  • APRIZONAN HASAN SAINI

Keywords:

Mutu Layanan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Mutu Layanan yang ada di MAN 1 Lampung Selatan. Subjek dari penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang manajemen mutu dan guru. Teknik pengambilan data adalah dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model Miles dan Humberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan tentang kualitas layanan pendidikan di MAN 1 Lampung Sekatan , ditarik  beberapa kesimpulan bahwa: 1) Mutu layanan aspek bukti fisik (tangible) di MAN 1 Lampung Sekatan  memiliki kondisi fisik cukup memadai, tersedianya fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran, namun fasilitas perpustakaan dan ruang UKS serta mushola belum tersedia. 2) Mutu layanan aspek empati (emphaty) memiliki mutu layanan yang baik. Hal ini dapat diartikan bahwa kemampuan Kepala Sekolah, guru dan staf dalam berkomunikasi dengan siswa dan orang tua, seperti memberikan perhatian pada siswa yang memiliki kemampuan belajar belum mencapai KKM dengan memberikan belajar tambahan setelah jam belajar selesai. 3) Mutu layanan aspek kehandalan (reliability) memiliki mutu layanan sudah sesuai dengan harapan pelanggan seperti guru yang kompeten dan latar belakang pendidikan guru yang mendukung. 4) Mutu layanan aspek daya tanggap (responsiveness) dimana pihak sekolah  baik Sekolah, guru dan staf memiliki sikap ramah dan komunikatif terhadap siswa dan orangtua siswa dalam merespon setiap masukan maupun kritikan. 5) Mutu layanan aspek jaminan (assurance) mutu layanan dapat menciptakan kepercayaan dan memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa tingkat keberhasilan proses pembelajaran di MAN 1 Lampung Sekatan  dan output cukup memuaskan. Jaminan yang diberikan seperti jumlah kelulusan mencapai seratus persen, jumlah lulusan yang diterima di sekolah lanjutan negeri serta kemampuan akademik yang menonjol.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

APRIZONAN HASAN SAINI. (2024). MUTU LAYANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SISWA DI KELAS XII DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN. UNISAN JURNAL, 3(4), 800–812. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2741

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.