Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mts Nurul Qodiri Lampung Tengah

Authors

  • yunani iai an nur lampung
  • Abdul Roni IAI An Nur Lampung
  • Supatmi IAI An Nur Lampung

Keywords:

Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, salah satunya adalah faktor dari dalam keluarga. Pendidikan dalam keluarga adalah pendidikan yang pertama dan utama. Keluarga yang sehat besar adalah untuk pendidikan dalam ukuran kecil, tetapi bersifat menentukan pendidikan dalam ukuran besar yaitu pendidikan bangsa, negara dan dunia. Maka penulis tertarik untuk mengambil penelitian dengan judul “ Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs Nurul Qodiri Lampung Tengah. Identifikasi Masalahnya adalah 1) Motivasi belajar siswa rendah. 2.) Orang tua kurang memperhatikan belajar anak. 3.) Orang tua sibuk dengan pekerjaan. 4.) Tingkat pendidikan orang tua cenderung rendah. Untuk mengumpulkan data yang relevan dengan penelitian ini, digunakan metode Angket, Metode Dokumentasi, Metode Observasi, Metode Interview. Setelah data terkumpul dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mengolah atau menganalisa data untuk membuktikan atau menguji hipotesa yang telah dirumuskan, sedangkan metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prosentase, Metode analisa Chi Kuadrat. Hasil penelitian tentang bahwa ada pengaruh antara tingkat pendidikan orangtua dengan motivasi belajar siswa MTs Nurul Qodiri Lampung Tengah Karena nilai interpretasinya sangat kuat, yaitu 22,084.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

yunani, Abdul Roni, & Supatmi. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mts Nurul Qodiri Lampung Tengah . UNISAN JURNAL, 1(1), 479–490. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/261

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.