Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mts Nurul Qodiri Lampung Tengah
Keywords:
Pendidikan Orang Tua, Motivasi BelajarAbstract
Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, salah satunya adalah faktor dari dalam keluarga. Pendidikan dalam keluarga adalah pendidikan yang pertama dan utama. Keluarga yang sehat besar adalah untuk pendidikan dalam ukuran kecil, tetapi bersifat menentukan pendidikan dalam ukuran besar yaitu pendidikan bangsa, negara dan dunia. Maka penulis tertarik untuk mengambil penelitian dengan judul “ Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs Nurul Qodiri Lampung Tengah. Identifikasi Masalahnya adalah 1) Motivasi belajar siswa rendah. 2.) Orang tua kurang memperhatikan belajar anak. 3.) Orang tua sibuk dengan pekerjaan. 4.) Tingkat pendidikan orang tua cenderung rendah. Untuk mengumpulkan data yang relevan dengan penelitian ini, digunakan metode Angket, Metode Dokumentasi, Metode Observasi, Metode Interview. Setelah data terkumpul dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mengolah atau menganalisa data untuk membuktikan atau menguji hipotesa yang telah dirumuskan, sedangkan metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prosentase, Metode analisa Chi Kuadrat. Hasil penelitian tentang bahwa ada pengaruh antara tingkat pendidikan orangtua dengan motivasi belajar siswa MTs Nurul Qodiri Lampung Tengah Karena nilai interpretasinya sangat kuat, yaitu 22,084.