FUNGSI MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM

Authors

  • Lina Herlina Universitas Islam An Nur Lampung
  • Mujiyatun
  • Etika Pujianti

Keywords:

Fungsi Manajemen, Peningkatan Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang: 1) Fungsi manajemen kepala Madrasah dalam meningkatkan prestasi siswa MA Miftahul Ulum. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat prestasi siswa MA Miftahul Ulum. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif, yakni penelitian yang menggambarkan fungsi manajemen kepala Madrasah dalam meningkatkan prestasi siswa MA Miftahul Ulum. Sumber data dalam penelitian ini yaitu: (1) Data primer, terdiri dari kepala Madrasah, wakil kepala Madrasah, staf/karyawan, guru; (2) Data sekunder, yang diperoleh dari penelitian kepustakaan dan dokumentasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan pengolahan data (menyeleksi, mengklasifikasi, menyimpulkan hasil, dan membuat reduksi data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala Madrasah sudah melaksanakan tahapan fungsi manajemen dengan baik mulai tahap perencanaan sampai pengawasan (Controling), namun dalam pelaksanaannya terkadang mengalami hambatan, hal ini disebabkan belum terpenuhinya guru yang profesional, masih minimnya sarana prasarana, masih ada guru yang kurang memahami RPP dan enggan membuat RPP,kurangnya kesadaran guru terhadap kedisiplinan dalam mengajar.Kemampuan guru dalam mengevaluasi pembelajaran belum konferhensif, sebagaian masih mengarah pada aspek kognitif dan aspek psikomotorik kurang diperhatikan. Manajemen kepala Madrasah yang baik dapat meningkatan kinerja guru, baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan kedisiplinan guru dalam mengajar, perangkat pembelajaran yang dimiliki guru semakin baik dan lengkap. Faktor pendukung prestasi siswa MA Miftahul Ulum meliputi: keikhlasan bekerja, penghargaan terhadap guru-guru dan faktor penghambat prestasi siswa meliputi: sarana dan prasarana yang minim.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Lina Herlina, Mujiyatun, & Etika Pujianti. (2024). FUNGSI MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM . UNISAN JURNAL, 3(3), 716–723. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2403

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.