MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU DALAM MENINGKATAKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN

Authors

  • Hadiyan Husni Salim Universitas Islam An Nur Lampung
  • Tamyis
  • Endang Ekowati

Keywords:

Manajemen Pengembangan, Profesionalitas Guru , Efektifitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi manajemen pengembangan profesionalitas dan peningkatan efektivitas pembelajaran di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peran guru dalam manajemen pengembangan profesionalitas guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMP mencakup fungsi sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisator, dan sumber daya manusia, yang semuanya berpotensi menghasilkan dampak positif, yaitu terciptanya manajemen pengembangan profesionalitas guru yang mendukung peningkatan efektivitas pembelajaran di SMP. Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pengembangan profesionalitas guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMP dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan hal-hal yang berasal dari dalam diri guru itu sendiri, yang terdiri dari aspek fisiologis dan psikologis, seperti kurangnya profesionalisme yang dimiliki oleh guru. Sementara itu, faktor eksternal mencakup pengaruh dari luar diri peserta didik, termasuk faktor-faktor yang berasal dari lingkungan keluarga dan sekolah.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Hadiyan Husni Salim, Tamyis, & Endang Ekowati. (2024). MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU DALAM MENINGKATAKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN. UNISAN JURNAL, 3(3), 733–741. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2401

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.