MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU DALAM MENINGKATAKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN
Keywords:
Manajemen Pengembangan, Profesionalitas Guru , Efektifitas PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi manajemen pengembangan profesionalitas dan peningkatan efektivitas pembelajaran di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peran guru dalam manajemen pengembangan profesionalitas guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMP mencakup fungsi sebagai fasilitator, pembimbing, motivator, organisator, dan sumber daya manusia, yang semuanya berpotensi menghasilkan dampak positif, yaitu terciptanya manajemen pengembangan profesionalitas guru yang mendukung peningkatan efektivitas pembelajaran di SMP. Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pengembangan profesionalitas guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMP dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan hal-hal yang berasal dari dalam diri guru itu sendiri, yang terdiri dari aspek fisiologis dan psikologis, seperti kurangnya profesionalisme yang dimiliki oleh guru. Sementara itu, faktor eksternal mencakup pengaruh dari luar diri peserta didik, termasuk faktor-faktor yang berasal dari lingkungan keluarga dan sekolah.