KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DI PENDIDIKAN KESETARAAN SALAFIYAH
Keywords:
Peran Guru, Minat Belajar.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan di lingkungan Pendidikan Kesetaraan Salafiyah. Peneliti melakukan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur dengan para guru Pendidikan Agama Islam di SMPIT, dengan dukungan data dokumentasi dan observasi langsung. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya peran khusus guru dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI di Pendidikan Kesetaraan Salafiyah. Selain peran sebagai pendidik, pembina, dan pengawas, guru juga berperan sebagai teladan dan pendamping, yang terbukti memengaruhi minat siswa dalam belajar PAI. Sekolah ini menjalankan dua kurikulum, yaitu kurikulum umum dan kurikulum khusus keagamaan, dengan aktivitas ibadah harian seperti wudhu, sholat dhuha, muroja‟ah hafalan, dan sholat dzuhur berjama‟ah. Meskipun materi PAI ditambah, siswa tetap memiliki minat belajar yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa dengan peran guru yang efektif, minat siswa dalam belajar PAI dapat dipengaruhi, meskipun ada penambahan muatan materi. Oleh karena itu, diperlukan penambahan waktu pembelajaran PAI di Sekolah, terutama di Pendidikan Kesetaraan Salafiyah.