IMPLEMENTASI KECERDASAN EMOSIONAL DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

Authors

  • HUSAIN Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Kecerdasan emosional, Cara belajar, Prestasi belajar

Abstract

Pendidikan merupakan sarana utama dalam membentuk dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran dapat diketahui dengan melihat prestasi yang diraih oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional dan cara belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar baik secara simultan maupun parsial. Subjek penelitian ini adalah siswa siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2  Lampung Selatan . Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional dan cara belajar untuk siswa serta dokumentasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 2  Lampung Selatan  untuk mendapatkan data prestasi siswa. Analisis regresi yang digunakan adalah analisis regresi berganda karena penelitian ini menggunakan dua atau lebih variabel independen. Hasil penelitian adalah ada pengaruh positif kecerdasan emosional dan cara belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2  Lampung Selatan  baik secara simultan maupun parsial. Hasil secara simultan terlihat dari perhitungan SPSS yang menunjukkan jika F hitung (51,024) > F tabel (3,097698). Secara parsial dilihat dari perhitungan program SPSS yang menunjukkan jika t hitung (9,210) > t tabel (1.986674) untuk kecerdasan emosional dan t hitung (2,199) > t tabel (1.986674) untuk cara belajar. Simpulan dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan hasil belajar jika kecerdasan emosional dan cara belajar siswa tinggi. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti faktor- faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yang belum diungkap dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

HUSAIN. (2024). IMPLEMENTASI KECERDASAN EMOSIONAL DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. UNISAN JURNAL, 3(3), 889–899. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2382

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.