IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PENDIDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MA AL-AZHAR

Authors

  • Winda Nofri Astuti
  • Dewiyanti
  • Mansur

Keywords:

Penerapan Manajemen, Meningkatkan Mutu

Abstract

Umumnya, dalam pengembangan madrasah, langkah-langkah mencakup formulasi visi, misi, tujuan, dan strategi pelaksanaan. Sebaliknya, rencana operasional madrasah biasanya mencakup identifikasi sasaran (tujuan situasional), pemilihan fungsi-fungsi yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut, analisis SWOT, langkah-langkah penyelesaian masalah, serta penyusunan rencana dan program kerja tahunan. Penelitian ini termasuk dalam kategori evaluasi dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Menurut Sugiyono, penelitian evaluasi bertujuan membandingkan kejadian, kegiatan, dan produk dengan standar dan program yang telah ditetapkan untuk menjelaskan fenomena. Berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi tentang implementasi manajemen berbasis madrasah untuk meningkatkan mutu pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Al-Azhar. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa pada tahap perencanaan cukup baik. Secara umum implementasi manajemen berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran  Aqidah Akhlak di MA Al-Azhar meliputi: Manajemen kurikulum dan program pengajaran, manajemen tenaga pendidikan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan, manajemen sarana dan prasarana dan manajemen hubungan madrasah dengan masyarakat. Pada dasarnya implemetika manajemen berbasis madrasah di berbagai bidang tersebut sudah berjalan dengan baik.Faktor-faktor pendukung implementasi manajemen berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran aqidah akhlak di MA Al-Azhar antara lain: Kepala madrasah yang berpengalaman, kualifikasi akademik guru sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, dan guru sudah memiliki kemampuan profesional.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Winda Nofri Astuti, Dewiyanti, & Mansur. (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PENDIDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MA AL-AZHAR . UNISAN JURNAL, 3(4), 640–653. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2324

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.