FUNGSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN MADRASAH EFEKTIF

Authors

  • Khairul Anam
  • Dewiyanti
  • Mansur

Keywords:

Manajerial, Madrasah, Efektif

Abstract

Kemampuan manajerial kepala Madrasah merupakan faktor   penting   dan strategis  dalam kerangka peningkatan kualitas  dan kemajuan Madrasah yang dipimpinnya. Dengan adanya kemampuan manajerial diharapkan kepala Madrasah dapat   menjadikan Madrasah yang dipimpinnya menjadi Madrasah efektif. Pada Madrasah yang efektif kepala Madrasah memiliki peran yang kuat dalam merencanakan, perorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Hasil penelitian adalah: 1)  Kemampuan manajerial  kepala  Madrasah dalam merencanakan  menciptakan  Madrasah  efektif sesuai dengan kriteria Madrasah efektif, Kemampuan manajerial kepala Madrasah dalam pengorganisasian Madrasah efektif sesuai prosedur, 2) Kemampuan majaerial kepala Madrasah dalam Pengarahan menciptakan  Madrasah efektif juga sudah berjalan dengan baik., Kemampuan manajerial Pengendalian atau pengawasan yang dilakukan oleh kepala Madrasah dalam menciptakan Madrasah efektif dengan  melakukan monitoring dan evaluasi. Dari keseluruhan manajerial kepala Madrasah maka dapat dinyatakan bahwa kepala Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah Darul Ishlah NW Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu  telah mampu menciptakan Madrasah efektif karena telah menerapkan indikator  Madrasah efektif yang mengacu pada input, proses, output  dan outcome.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Khairul Anam, Dewiyanti, & Mansur. (2024). FUNGSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENCIPTAKAN MADRASAH EFEKTIF. UNISAN JURNAL, 3(4), 686–696. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2320

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.