PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN IKLIM MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU

Authors

  • Hilma Utami Amalia
  • Dewiyanti
  • Mansur

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Madrasah, Iklim Madrasah, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1)untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru, (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklim madrasah terhadap kinerja guru, (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah secara bersamaan terhadap kinerja guru. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode analisis regresi linier ganda dan metode kuantitatif. . Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang guru, sampel yang diambil adalah guru yang ada di MTs Ibnu Kasir 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket, dokumentasi, teknik analisis Menggunakan teknik analisis regresi linier Ganda, untuk mencari pengaruh antar variable kepemimpinan kepala madrasah (X1), iklim madrasah (X2) dan kinerja guru (Y). hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Ibnu Kasir dengan persentase sebesar 56,7%,Terdapat Pengaruh iklim medrasah terhadap kinerja guru di MTs Ibnu Kasir dengan Persentase sebesar 47,9%,(3) Terdapat Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah terhadap kinerja guru di MTs Kecamatan Lempuing OKI dengan persentase sebesar 77,3%. 

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Hilma Utami Amalia, Dewiyanti, & Mansur. (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN IKLIM MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU . UNISAN JURNAL, 3(4), 697–707. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2319

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.