IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS PONDOK PESANTREN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AL HUDA JATI AGUNG
Keywords:
Manajemen Berbasis Pondok Pesantren, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi implementasi manajemen berbasis pondok pesantren dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran. Setelah melakukan pengamatan awal di Pondok Pesantren Al Huda, penulis menemukan bahwa tingkat prestasi belajar siswa masih rendah dan perlu ditingkatkan. Tanggung jawab untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menjadi fokus bagi guru sebagai pengelola pembelajaran dan kepala madrasah sebagai pengelola pendidikan di madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data digunakan untuk mengungkapkan hasil penelitian terkait implementasi Manajemen Berbasis Pondok Pesantren dalam meningkatkan proses pembelajaran di Pondok Al Huda. Berdasarkan data yang diperoleh, penulis mengidentifikasi masalah peningkatan prestasi belajar peserta didik sebagai fokus penelitian yang relevan. Upaya yang dilakukan oleh kepala Madrasah mencakup peningkatan disiplin guru dan pegawai, memberikan motivasi kepada guru dengan memberikan reward pada setiap kegiatan, mengevaluasi pelaksanaan tugas guru, staf administrasi, kepala, dan wakil kepala Madrasah, serta mengadakan studi banding ke sekolah-sekolah di Merauke. Di sisi lain, upaya yang dilakukan oleh guru termasuk memberikan motivasi kepada peserta didik, memberikan bimbingan belajar, mengadakan try out, menindaklanjuti hasil belajar seperti remedial dan pengayaan, serta memberikan latihan-latihan tambahan. Namun, upaya yang dilakukan oleh guru dan kepala Madrasah tersebut belum berhasil secara menyeluruh dan signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di Pondok Pesantren Al Huda.