PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 7 SOLOTUNGO
Keywords:
Supervisi Kepala Madrasah, Kinerja Guru PAIAbstract
Kegiatan supervisi kepala sekolah di SDN 7 Solotungodilaksanakan dengan terencana dan berkesinambungan tujuannya agar dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran Meskipun kinerja guru sudah baik sebelum diadakannya supervise akan tetapi belumlah dikatakan optimal. Masalah dalam penelitian ini adalah mengkaji pelaksanaan supervise yang dilakukan kepala sekolah dan kinerja guru dalam pembelajaran di SDN 7 Solotungo. Tujuan penelitrian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervise Kepala Sekolah Dalam meningkatkan kinerja guru SDN 7 SolotungoPenelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tekni analisa data menggunakan analisa dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 7 Solotungo. Temuan lapangan dalam penelitian ini adalah: perencanaan supervise kepala sekolah dilakukan secara terencana, sistematis dan berkesinambungan Pada tahap ini kepala sekoalah melakukan tahapan penentuan nama guru yang akan diobservasikan, menentukan waktu observasi, menyusun kisi-kisi observasi, menentukan apakah observasi kelas diketahui guru atau tidak, hal ini berdasarkan kesepakatan antara kepala sekolah dengan guru. Pada tahapan pelaksanaan observasi, aktivitas kepala sekoalah ternya tidak mengganggu jalannya proses pembelajaran di kelas bahkan kepala sekolah diakhir jam pelajaran memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus belajar dengan rajin. Pada tahapan tindak lanjut hasil supervise dibahas bersama-sama antar guru dengan kepala sekolah yang membahas kekurangan –kekurangan guru dalam mengajar dengan harapan dimasa mendatang guru dapat memperbaikinya. Guru memiliki kinerja yang baik dalam proses pembelajaran hal ini dapat diketahui dari proses penyusunan rencana pembelajaran yang tersusun sesuai dengan kriteria yang di tetapkan dalam standard kinerja guru, pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru mampu menguasai materi dengan baik, kemudian guru mampu menyelaraskan metode mengajar dan mengunkan media pembelajaran serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk evaluasi test dengan pertanyaan dan jawaban Selain itu guru mampu melakukan evaluasi test dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan pada saat sesi terakhir pembelajaran.