POLA KOMUNIKASI INTER PERSONAL KEPALA SEKOLAH DAN GURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami: (1) Cara Kepala Sekolah berkomunikasi secara lisan dengan guru di SMA 1. (2) Cara Kepala Sekolah berkomunikasi secara tertulis dengan guru di SMA 1. (3) Tingkat efektivitas komunikasi interpersonal Kepala Sekolah di Al-Ma’arif Suoh, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, mengambil data dari kepala sekolah dan guru di SMA 1. Metode pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan pendekatan interaktif yang mencakup: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (1) Komunikasi interpersonal Kepala Sekolah dengan guru secara lisan dilakukan melalui interaksi langsung seperti pembicaraan tatap muka, arahan langsung dalam rapat, dan dalam kegiatan sehari-hari untuk meningkatkan kinerja guru. (2) Komunikasi tertulis antara kepala sekolah dan guru menggunakan surat resmi untuk memberikan instruksi terkait kegiatan rapat rutin. Selain itu, komunikasi tertulis juga dilakukan melalui aplikasi seperti SMS, BBM, dan WhatsApp. (3) Efektivitas komunikasi interpersonal kepala sekolah dinilai cukup baik, terutama dalam aspek-aspek seperti keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, kesamaan, kejelasan, dan kesederhanaan.