PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN HIDDEN CURRICULUM TERHADAP PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT FAJAR ILAHI 2 SEI BEDUK KOTA BATAM
Keywords:
Peran Guru, Hidden Curiculum,Pendidikan agama islamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran guru dalam mengimplementasikan hidden curriculum dalam pendidikan agama Islam di SMPIT Fajar Ilahi 2 Sei Beduk Kota Batam. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SMPIT Fajar Ilahi 2 Sei Beduk Kota Batam memiliki peran yang sangat penting dalam mengimplementasikan hidden curriculum dalam pendidikan agama Islam. Mereka tidak hanya bertugas sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan, pembimbing, dan penggerak utama dalam membentuk karakter dan moralitas siswa sesuai dengan ajaran Islam. Faktor-faktor seperti pengetahuan dan keterampilan guru, sikap dan perilaku guru, dukungan kepala sekolah, ketersediaan sumber belajar, dan kondisi lingkungan belajar memengaruhi efektivitas peran guru dalam mengimplementasikan hidden curriculum. Dengan adanya dukungan dan kerjasama yang baik antara guru, kepala sekolah, dan komponen sekolah lainnya, diharapkan tujuan pendidikan agama Islam di SMPIT Fajar Ilahi 2 Sei Beduk Kota Batam dapat tercapai dengan lebih baik.