UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI SMP NEGERI 30 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Evi Astri Agustin
  • weni kurnawati
  • Muhammad Yasin

Abstract

Abstrak:

Faktor intern yang mempengaruhi upaya guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 30 Palembang dalam meningkatkan minat belajar adalah kebiasaan belajar yang kurang baik dalam diri peserta didik, sedangkan faktor ekstern adalah lingkungan sekolah yang kurang kondusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melukiskan kondisi apa yang ada dalam suatu situasi dan penelitian dimaksud merupakan strategi umum yang dianut dalam pengumpulan dan analisis data yang diperlukan, guna menjawab permasalahan yang dihadapi, dan ini merupakan rencana pemecahan bagi persoalan yang sedang diselidiki. Dalam memecahkan permasalahan maka dibuatlah rumusan permasalahannya, yaitu bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar Islam peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Palembang? dan Apa faktor yang mempengaruhi upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Palembang?. Penelitian ini tujuan untuk mengetahui secara mendalam sejauh mana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Palembang dan apa faktor yang mempengaruhi upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Palembang. Penelitian disajikan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primerdan dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan interview, observasi dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu, reduksi data, display data dan menarik kesimpulan (verifikasi) yang dimana dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berfikir deduktif yaitu "pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa- peristiwa umum ditarik generalisasi-generalisasi yang mempunyai sifat khusus".Adapun hasil penelitian ini yaitu Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 30 Palembang telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan minat belajar yaitu merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan menarik, menunjukan sikap antusias dalam mengajar, menciptakan suasana yang menyenangkan, melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran, memberikan pujian (hadiah) prestasi peserta didik, memberi pekerjaan dan tugas, memotivasi peserta didik agar rajin belajar, menunjukkan hasil belajar (evaluasi), menghargai pekerjaan murid dan memberi kritik dengan senyuman. Faktor intern yang mempengaruhi upaya guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 30 Palembang dalam meningkatkan minat belajar adalah kebiasaan belajar yang kurang baik dalam diri peserta didik, sedangkan faktor ekstern adalah lingkungan sekolah yang kurang kondusif.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Astri Agustin , E. ., kurnawati, weni, & Yasin, M. (2023). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI SMP NEGERI 30 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. UNISAN JURNAL, 2(4), 1147–1156. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1326

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.