IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMP ILMU AL-QURAN SYUHRATUL ISLAM GELUMBANG KEC. GELUMBANG KAB. MUARA ENIM SUMATERA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Nopian Andika
  • weni kurnawati
  • Agus Sujarwo

Abstract

            Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pada hakikatnya merupakan pengakuan bahwa proses pendidikan tidak akan berjalan dengan baik kalau semuanya dikontrol dari pusat. Proses pendidikan bukannya suatu pabrik yang apabila tombol sudah dipencet, proses akan berjalan secara teratur sebagaimana telah diperogramkan. Karena, pendidikan suatu proses yang melibatkan intraksi antara berbagai input yang ada dan intraksi output dengan lingkungan. Mutu pendidikan pada sebuah lembaga pendidikan dapat diidentifikasi dari lulusan yang dihasilkan. Lembaga pendidikan dapat memaksimalkan manajemen mutu tidak hanya dalam mengukur kualitas secara fisik seperti gedung sekolah atau fasilitas yang berhasil dibangun, namun juga harus meningkatkan kualitas output yaitu kualitas lulusan yang dihasilkan dari lembaga pendidikan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana MBS dalam meningkatkan mutu lulusan di Sekolah  Menengah Kejuruan Negeri 1 Lempuing Jaya ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu lulusan di Sekolah  Menengah Kejuruan Negeri 1 Lempuing Jaya . Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi pengumpulan data. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini adalah deskriptif data yang terdiri dari tiga aktivitas yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu lulusan di Sekolah  Menengah Kejuruan Negeri 1 Lempuing Jaya  Jati Agung Lampung Selatan adalah:

  1. Peranan Kepala Sekolah dalam Implementasi MBS
  2. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lempuing Jaya  merupakan pendidikan yang berciri khas Islam, kepala Sekolah merupakan motivator, penentu arah kebijakan Sekolah yang akan menentukan bagaimana tujuan-tujuan pendidikan di Sekolah  Menengah Kejuruan Negeri 1 Lempuing Jaya .
  3. Kepala Sekolah telah melakukan langkah strategis.
  4. Proses Peningkatan Mutu Lulusan di Sekolah Aliyah Hidayatul Mubtadiin
  5. Upaya-upaya Peningkatan Mutu Lulusan di Sekolah Aliyah Hidayatul Mubtadiin
  6. Proses peningkatan mutu lulusan

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Andika, N., kurnawati, weni, & Sujarwo, A. . (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI SMP ILMU AL-QURAN SYUHRATUL ISLAM GELUMBANG KEC. GELUMBANG KAB. MUARA ENIM SUMATERA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. UNISAN JURNAL, 2(4), 1157–1165. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1325

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.