KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DI LEMBAGA PENDIDIKAN
Abstract
Penelitian mencoba menganalisis kepemimpinan ketua Lembaga Pendidikan MTs Negeri 1 Tanjunng Karang yang fokus dari sudut pandang kecerdasan emosionalnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan kepemimpinan Ketua Lembaga Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Negri 1 Tanjung Karang dan menganalisis sudut pandang kecerdasan emosi. Penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan teknik triangulasi, yang dalam penelitian ini lebih ditekankan pada sumber teknik triangulasi. Sumbernya adalah semua warga negara dari pondasi dewan yang baik, lingkungan, orang- orang di sekitarnya termasuk guru-guru di Madrasah Tsanawiyah Negri 1 Tanjung Karang. Sumber tersebut akan berisi data kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negri 1 Tanjung Karang berdasarkan kecerdasan emosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negri 1 Tanjung Karang memiliki kepemimpinan yang baik dipandang dari sudut kecerdasan emosional. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kepala Madrasah menjalankan kepemimpinan kepemimpinan primal dengan sangat baik. Itu dibuktikan dengan triangulasi data dan sumber. Ketua Lembaga Madrasah Tsanawiyah Negri 1 Tanjung Karang memiliki komitmen yang tinggi terhadap visi masa depan, terutama pada masa-masa stres atau di tengah meningkatnya tanggung jawab. Kepala Madrasah mengambil pendekatan emosional untuk semua warga dalam Lembaga. Kepala Madrasah dapat membaca emosinya sendiri dan mengenali dampaknya menggunakan naluri untuk mengambil keputusan, mengetahui kekuatan dan keterbatasan mereka, dapat mengendalikan emosi dan menunjukkan kejujuran dan integritas, kepercayaan. Kepala Madrasah memiliki kesadaran diri dan manajemen diri yang baik, kesadaran sosial yang baik dan manajemen hubungan yang baik.