UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQH KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI KARANG SARI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Trisnaini Universitas Islam an nur lampung
  • Tamyis Universitas Islam An Nur Lampung
  • Abdul Roni Universitas Islam An Nur Lampung

Keywords:

Motivasi Belajar, Pelajaran Fiqih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqh Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Karang Sari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu: (1) metode observasi, (2) metode wawancara dan (3) metode dokumentasi. Berdasarkan pada pembahasan bab sebelumnya, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas ix pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Karang Sari adalah sebagai berikut: memberikan pujian, memberi hadiah, memberi ulangan, dan memberi hukuman. Dan motivasi belajar memiliki tiga indikator yaitu adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, dan adanya harapan dan cita-cita masa depan.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Trisnaini, Tamyis, & Abdul Roni. (2023). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQH KELAS IX DI MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI KARANG SARI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. UNISAN JURNAL, 2(4), 824–828. Retrieved from https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/1307

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.