IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGEMBANGKAN MINAT, SIKAP DAN PERILAKU POSITIF SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH 1 NATAR TAHUN 2022/2023
Keywords:
Manajemen Pendidikan Karakter, Minat, Sikap Dan Perilaku PositifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Minat, Sikap Dan Perilaku Positif Siswa Di MTs Muhammadiyah 1 Natar. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang difokuskan pada penelitian lapangan, Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Minat, Sikap Dan Perilaku Positif Siswa Di MTs Muhammadiyah 1 Natar. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi, Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan berbagai tahapan analisis seperti reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan karakter dalam pengembangan minat, sikap dan perilaku positif siswa adalah: Kompetensi dalam hal penyusunan rencana pembelajaran, Kompetensi dalam menjabarkan kurikulum dan Kompetensi dalam melakukan evaluasi. Kendala-kendala dalam mengembangkan minat, sikap, dan prilaku positif siswa yaitu Rendahnya animo madrasah, Kurangnya sumber belajar, Rendahnya motivasi belajar peserta didik, Kurangya sarana keagamaan.; Upaya–upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut adalah Mengintensifkan disiplin warga madrasah, Mengupayakan sarana dan prasarana belajar, Membangkitkan minat siswa dengan berbagai metode. , Guru-guru dalam melaksanakan evaluasi bukan hanya secara kognitif saja tetapi juga psikomotor dan afektif, agar pendidikan karakter dapat mengembangkan minat, sikap, dan perilaku positif siswa dengan baik.