MANAJEMEN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Manajemen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama IslamAbstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitik dengan pendekatan etnografis. Sedangkan tehnik-tehnik yang digunakan pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penggunaan teknik-teknik dalam penelitian ini didasarkan pada alasan bahwa penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif yang mendeskripsikan fonomena-fonomena tentang sesuatu atau tingkah laku yang muncul, yang selanjutnya ditafsirkan dan dijelaskan. Penelitian ini membuktikan bahwa karakteristik internal psikologis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat beragam, terutama dilihat dari sudut klasifikasi mereka. Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara administrative dan procedural dilaksanakan oleh guru-guru Pendidikan Agama Islam yang mencakup program tahunan, semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki terutama dalam mendesain komponen proses pembelajaran. Pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung berjalan dengan baik dan procedural. Akan tetapi perlu ada perbaikan dalam pelaksanaan apersepsi, metode pembelajaran yang digunakan, dan pendalaman serta perluasan serta peluasan materi pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam mencakup evaluasi proses dan hasil belajar. Evaluasi proses dimaksud untuk menilai dan mengukur tingkat efektivitas komponen-komponen pembelajaran secra komprehensif. Dan evaluasi hasil bertujuan untuk mengukur kemajuan belajar yang dicapai siswa setelah menyelesaikan pembelajaran dalam satu kompetensi dasar ataupun beberapa kompetensi dasar.