PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 24 BANYUASIN 1 KECAMATAN BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN
Keywords:
Role, Learning Interest, Teacher.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 24 Banyuasin 1 Kecamatan Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa menjadi lebih aktif dalam melakukan pembelajaran dan dapat memiliki wawasan yang luas tentang Agama Islam. dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berlokasi di SD Negeri 24 Banyuasin 1 Kecamatan Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Peneliti melakukan wawancara terstruktur maupun wawancara tidak terstruktur dengan narasumber (Guru Pendidikan Agama Islam) dengan didukung oleh data dokumentasi dan observasi secara langsung. Sebagai temuan dalam penelitian ini, tentang tinjauan peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI, maka dapat disimpulkan bahwa tiga peran yaitu guru sebagai pendidik, pembina dan pengawas yang telah dilakukan, membuktikan bahwa peranan guru sangat mempengaruhi meningkatnya minat siswa belajar PAI, di SD Negeri 24 Banyuasin 1 Kecamatan Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Sekolah ini memiliki targetan hafalan minimal surah-surah pendek ketika lulus, aktivitas kegiatan praktek ibadah harian seperti berwudhu, sholat dhuha, muroja’ah hafalan, sholat dzuhur berjama’ah, begitu juga dengan azan tapi siswa tetap memiliki minat belajar PAI dengan baik. Artinya dengan peran guru yang dijalankan dengan baik, maka dapat mempengaruhi minat siswa dalam belajar PAI walaupun muatan materinya ditambah, sehingga perlunya penambahan waktu belajar PAI di Sekolah Dasar terutama di SD Negeri.