MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM STUDI KASUS DI MA AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG
Keywords:
Model kepemimpinan, meningkatkan kompetensi, guruAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah; (1) Untuk menjelaskan model kepemimpinan Kepala MA Al Hikmah Bandar Lampung dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru , (2) Untuk mendeskripsikan strategi apa yang dilakukan oleh Kepal MA Al Hikmah Bandar Lampung dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Agama, dan (3) Untuk mengetahui dampaknya strategi kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan Kompetensi Pedagogik guru Mata Pelajaran di MA Al Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus, dengan rancangan kasus tunggal. Pengumpulan datanya dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan model analisis interaktif. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Model Kepemimpinan Kepala MA Al Hikmah Bandar Lampung Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran yang diterapkan lebih berorientasi pada pola kepemimpinan situasional (2) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran adalah dengan menggunakan: a)kemampuan mengelola kelas, b) Kemampuan dalam sistem pengajaran, dan c) kemampuan dalam pengaturan iklim kelas. (3) Dampak Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran di MA Al Hikmah Bandar Lampung adalah imbas dari ketiga strategi tersebut antara lain: kompetensi guru menjadi lebih baik, lebih proaktif, guru lebih disiplin, administratif, etos kerja meningkat, lebih beribadah akan peraturan, efektif mempersiapkan perangkat, prestasi siswa meningkat,