NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN IMPLIKASINYA BAGI SIKAP TOLERANSI SISWA DI MA HIDAYATUL MUBTADIIN SIDOHARJO JATI AGUNG
Keywords:
Nilai Multikutural, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Sikap ToleransiAbstract
Gelombang arus globalisasi akan mendorong terjadinya kontak budaya yang semakin bebas. Setiap orang tidak bisa melepaskan dirinya untuk berhubungan dengan negara, budaya, bahasa, etnis, dan agama lain. multikultural juga disebut dengan pendidikan multibudaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai- nilai multikultural dalam mata pelajaran akidah akhlak dan implikasinya bagi sikap toleransi siswa di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agumg Lampung Selatan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dengan latar belakang peserta didik yang beranekaragam. Mata pelajaran akidah akhlak penyumbang terbaik dalam penanaman nilai-nilai multicultural, nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kecerdasan dan perilaku sosial peserta didik di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin dilakukan dengan cara pemberian keteladanan dan pembiasaan yang terus menerus yang dibudayakan dalam pembelajaran baik dalam kelas maupun di luar kelas. Adapun nilai-nilai multikultural yang mendapat perhatian Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin adalah nilai teloransi, nilai demokrasi, nilai kesetaraan dan nilai keadilan, Senada dengan bahan ajar Aqidah Akhlak visi kurikulum bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai demokrasi ,toleransi, keadilan, kesetaraan dan kebersamaan dalam membangun bangsa Indonesia.