PEMBINAAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTs N 2 LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • nuri siswanto IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kata Kunci: Akhlak, Esktakurikuler

Abstract

Penelitian ini mengkaji  upaya yang dilakukan Pembina  ektrakulikuler dalam pembinaan akhlak peserta didik  di Mts N 2 Lampung Tengah. Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini meliputi berbagai bentuk kegiatan ektrakulikuler yang dilakukan di MTs N 2 Lmpung Tengah, Upaya yang dilakukan oleh Pembina kegiatan ekstrakulikuler dalam membina akhlak  mulia peserta didik  di MTs N 2 Lampung Tengah dan factor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakulikuler di MTs N 2 Lampung Tengah. Untuk mengkaji permasalahan dalam penelitian ini, digunakan pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis.

Setelah mengadaka  analisis terhadap data yang diperoleh, hasilnya menunjukkan bahwa terdapat 11 bentuk kegiatan ekstrakulikuler yang dikembangkan di MTs N 2 Lampung Tengah dan semuanya mengarah pada upaya pembinaan akhlak peserta didik. Adapun upaya yang dilakukan Pembina kegiatan ekstrakulikuler dalam pembinaan peserta didik meliputi upaya menanamkan dan membangkitkan keyakinan beragama, menanamkan etika pergaulan baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah serta menanamkan kebiasaan yan baik berupa kedisiplinan, tanggungjawab, melakukan hubungan social dan melaksanakan ibaha ritual.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

nuri siswanto. (2022). PEMBINAAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTs N 2 LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. UNISAN JURNAL, 1(3), 478–488. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/545

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.