FUNGSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH EFEKTIF
Keywords:
Kata Kunci: Manajer, Kepala Sekolah dan Sekolah Efektif .Abstract
Kemampuan manajerial kepala sekolah merupakan faktor penting dan strategis dalam kerangka peningkatan kualitas dan kemajuan sekolah yang dipimpinnya. Dengan adanya kemampuan manajerial diharapkan kepala sekolah dapat menjadikan sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah efektif. Pada sekolah yang efektif kepala sekolah memiliki peran yang kuat dalam merencanakan, perorganisasian, pengarahan dan pengendalian.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
Bagaimana kemampuan kepala sekolah SMP Negeri 2 Muara Padang dalam
merencanakan agar menuju Sekolah efektif ?
Bagaimana kemampuan kepala sekolah SMP Negeri 2 Muara Padang dalam mengorganisasikan agar menuju Sekolah efektif ?
Bagaimana kemampuan kepala sekolah SMP Negeri 2 Muara Padang dalam pengarahan agar menuju Sekolah efektif ?
Bagaimana kemampuan kepala sekolah SMP Negeri 2 Muara Padang dalam
pengendalian agar menuju Sekolah efektif ?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah (sebagai key informan), wakil kepala sekolah, guru, orang tua murid (komite sekolah) dan tata usaha (sebagai informan).
Hasil penelitian adalah : 1) Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam merencanakan menciptakan sekolah efektif sesuai dengan kriteria sekolah efektif, 2) Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam pengorganisasian sekolah efektif sesuai prosedur, 3) Kemampuan majaerial kepala sekolah dalam Pengarahan menciptakan sekolah efektif juga sudah berjalan dengan baik., 4) Kemampuan manajerial Pengendalian atau pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menciptakan sekolah efektif dengan melakukan monitoring dan evaluasi. Dari keseluruhan manajerial kepala sekolah maka dapat dinyatakan bahwa kepala SMPN 2 Muara Padang telah mampu menciptakan sekolah efektif karena telah menerapkan indikator sekolah efektif yang mengacu pada input, proses, output dan outcome sekolah.