FUNGSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH EFEKTIF

Authors

  • nuraini IAI An Nur Lampung
  • Ade Imelda Frimayanti IAI An Nur Lampung
  • Endang Ekowati IAI An Nur Lampung

Keywords:

Kata Kunci: Manajer, Kepala Sekolah dan Sekolah Efektif .

Abstract

Kemampuan manajerial kepala sekolah merupakan faktor penting dan strategis dalam kerangka peningkatan kualitas dan kemajuan sekolah yang dipimpinnya. Dengan adanya kemampuan manajerial diharapkan kepala sekolah dapat menjadikan sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah efektif. Pada sekolah yang efektif kepala sekolah memiliki peran yang kuat dalam merencanakan, perorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:  

Bagaimana  kemampuan  kepala sekolah SMP Negeri 2 Muara Padang dalam

merencanakan agar menuju Sekolah efektif ?

Bagaimana  kemampuan  kepala sekolah SMP Negeri 2 Muara Padang dalam   mengorganisasikan agar menuju Sekolah efektif ?

Bagaimana  kemampuan  kepala sekolah SMP Negeri 2 Muara Padang dalam  pengarahan agar menuju Sekolah    efektif ? 

Bagaimana  kemampuan  kepala sekolah SMP Negeri 2 Muara Padang dalam

pengendalian  agar menuju Sekolah    efektif ? 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.  Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah (sebagai key informan), wakil kepala sekolah, guru, orang tua murid (komite sekolah) dan tata usaha (sebagai informan).

Hasil penelitian adalah : 1) Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam merencanakan menciptakan sekolah efektif sesuai dengan kriteria sekolah efektif, 2) Kemampuan manajerial kepala sekolah dalam pengorganisasian sekolah efektif sesuai prosedur, 3) Kemampuan majaerial kepala sekolah dalam Pengarahan menciptakan sekolah efektif juga sudah berjalan dengan baik., 4) Kemampuan manajerial Pengendalian atau pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menciptakan sekolah efektif dengan melakukan monitoring dan evaluasi. Dari keseluruhan manajerial kepala sekolah maka dapat dinyatakan bahwa kepala SMPN 2 Muara Padang telah mampu menciptakan sekolah efektif karena telah menerapkan indikator sekolah efektif yang mengacu pada input, proses, output dan outcome sekolah.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

nuraini, Ade Imelda Frimayanti, & Endang Ekowati. (2022). FUNGSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH EFEKTIF. UNISAN JURNAL, 1(3), 80–92. Retrieved from http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/488

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.